>

Kalender Pemersatu Dunia Islam


Judul     : Kalender Pemersatu Dunia Islam
Penulis  : KH.Dr. H.M. Ma’rifat Iman, MA.
Penerbit : Gaung Persada Press Jakarta.
Cetakan : I, Juli 2010
Tebal     : 270 Halaman.

Buku yang ditulis oleh  KH. Dr. H.M. Ma’rifat Iman, MA ini  merupakan disertasi beliau di UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta, berjudul: “Kalender Islam Internasional: Analisis terhadap perbedaan Sistem”. merupakan. Majelis Tarjih & Tajdid  PP Muhammadiyyah yang

Sampai sekarang, umat Islam belum memiliki suatu kalender yang berlaku untuk seluruh dunia. Sistem  yang ada masih bersifat regional, dan berlaku bagi masing–masing Negara yang bersangkutan. Di Indonesia, justru tiap-tiap Ormas Islam memiliki sistem kalender sendiri, walaupun pemerintah melalui Kemeterian Agama Republik Indonesia telah memilikinya. Sehingga masing-masing Ormas Islam tersebut memiliki suatu kebijakan dalam menentukan sistem penanggalannya masing-masing. Hal yang lebih memprihatinkan ketika menentukan waktu-waktu ibadah, khususnya dalam menetapkan awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah sering kali terjadi perbedaan pendapat, sehingga terjadi perubahan sistem pengkalenderannya ketika terjadi putusan tentang waktu-waktu ibadah tersebut. Di mana misalnya dalam kalender telah dihitung dan ditetapkan tanggal tertentu terjadinya awal bulan Ramadhan, namun karena penentuan kemudian ditentukan dengan sistem yang berbeda, maka berubahlah ketetapan tentang awal bulan. Hal tersebut sering kali terjadi, sehingga cukup membingungkan masyarakat awam.
Sistem kalender Islam yang bersifat internasional bisa saja dilakukan dengan sistem hisab ‘urfi, sebagaimana telah dipraktikan oleh ‘Umar bin Khattab Ra. Akan tetapi, system hisab ‘urfi tidak sesuai dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan, yang menghitung sesuai dengan  yang fenomena alam yang sebenarnya. Bila hal itu diberlakukan, maka akan terjadi selisih perhitungan yang sangat jauh.
Suatu hal yang menarik dalam buku yang ditulis ini adalah mengungkap berbagai system pemikiran kalender dalam dunia Islam, dimana ditemukan suatu pemikiran yang dapat menyatukan kalender Islam, dengan prinsip satu hari satu tanggal dan satu tanggal satu hari di seluruh dunia. Sistem kalender ini merupakan pemikiran seorang ahli pos dan telekomunikasi dari Maroko, bernama Jamaluddin Abd al-Raziq. Sistem penanggalanya ia namakan dengan Kalender Unifikasi. Jika system kalender ini disepakati dan dapat diberlakukan oleh seluruh umat Islam, maka akan memecahkan permasalahan perbedaan pendapat dikalangan umat Islam, bukan saja dalam menentukan waktu-waktu ibadah, juga akan terkondisikan penanggalan yang sama bagi umat Islam di seluruh dunia.     Dengan hadirnya buku ini, tentu akan dapat memperkaya dan menambah khazanah . selamat membaca..!
                                                                                                    Oleh: Hadi Nur Ramadhan

Penulis : RG-UG112 ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kalender Pemersatu Dunia Islam ini dipublish oleh RG-UG112 pada hari Kamis, 08 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Kalender Pemersatu Dunia Islam