>

3 MACAM PROSES PEMBELAJARAN

Dalam dunia pendidikan, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat mencapai tujuan proses pembelajaran tersebut, mulai dari belajar disekolah, mengikuti pelatihan atau kursus serta dapat pula dilakukan secara otodidak, namun dari sekian banyak program pembelajaran yang dilakukan dalam proses pembelajaran, intinya ada 3 jenis proses pembelajaran yang dilakukan manusia dalam hidupnya, diantaranya

1. Pendidikan Formal
 Pendidikan formal adalah proses pendidikan yang dilakukan secara formal di lembaga pendidikan formal, seperti di sekolah ataupun yang serupa lainnya. Pendidikan formal dilakukan secara sistematis dengan prosedur tertentu dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan pendidikan formal ini penddidik dan peserta didik melakukan poses belajar mengajar (KBM) dengan teratur dan hasil deri pendidikan tersebut akan mendapat verifikasi berupa laporan hasil belajar seperti raport ataupun ijazah.

2. Pendidikan Informal
Pendidikan informal adalah proses pendidikan yang dilakukan oleh manusia dalam ruang lingkup intern, yakni dialami dalam keluarganya. Pendidikan informal bisa dikatakan sebagai penddidkan pertama yang dilalui manusia karna pendidikan ini di lakukan dalam lingkungan keluarganya.

3. Pendidikan Nonformal
Pendidikan nonformal adalah proses pendidikan yang dilakukan bukan dilembaga pendidikan formal seperti disekolah ataupun dalam lingkungan intern sepereti keluarga. Pendidikan nonformal dilakukan secara khusus seperti di lembaga kursus ataupun otodidak. Jadi dalam pendidikan informal  dilakukan di lingkungan yang berbeda dari pendidikan formal ataupun informal.

Jadi, dari 3 macam proses pendidikan yang dilalui manusia tersebut sma-sama berpengaruh dalam kehidupan manusia, namun tergantung dari manusianya tersebut dalam memanfaatkan atau mengikuti masing-masing proses pendidikan tersebut.

Oleh: Muhamad Aries

Penulis : RG-UG112 ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 3 MACAM PROSES PEMBELAJARAN ini dipublish oleh RG-UG112 pada hari Kamis, 31 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 3 MACAM PROSES PEMBELAJARAN
 

0 komentar: