>

10 Tips Liburan Seru di Pulau Dewata

Bali punya sejuta kejutan bagi para traveler. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengeksplorasi berbagai destinasi dan keindahan alam di pulau ini. Inilah 10 kiat yang perlu Anda ketahui sebelum memulai liburan seru di Bali!

Bukan hanya baju pantai dan kacamata hitam yang harus Anda siapkan saat liburan ke Bali. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, serta diingat agar liburan Anda berjalan lancar dan seru. Jangan sampai terlewat, karena Pulau Bali punya banyak kejutan lewat destinasi dan keindahan alam!

Disusun detikTravel, Kamis (21/6/2012), berikut 10 kiat agar liburan Anda di Bali berlangsung seru:

1. Datanglah saat low season


Jangan sangka hanya Anda yang tertarik liburan ke Bali, tapi juga wisatawan dari seluruh belahan dunia. Ada baiknya Anda memilih low season yaitu antara bulan Maret-Juni atau September-November, agar bisa menikmati Bali dengan leluasa. Tentu saja Anda tak ingin berjejalan dengan para turis lain dalam menikmati keindahan Bali, bukan?

2. Pesan tiket pesawat jauh hari sebelumnya


Setelah menentukan tanggal dan bulan kedatangan, ada baiknya Anda langsung memesan tiket pesawat. Memesan tiket jauh hari sebelumnya akan lebih murah dibandingkan beberapa hari sebelum kedatangan. Selain itu, Anda juga punya cukup waktu untuk merencanakan itinerary dan destinasi yang akan dikunjungi.

3. Pilih penginapan di kawasan strategis

Ada ribuan penginapan yang tersebar di Pulau Bali, mulai dari yang murah sampai yang sangat mahal. Namun, ada baiknya Anda menginap di kawasan strategis seperti Kuta, Legian, dan Seminyak. Selain lebih mudah menjangkau banyak tempat, Anda juga bisa mendapatkan penginapan dengan harga yang ramah di kantong, mengingat tempat-tempat ini adalah sentra para backpacker.

4. Sewa motor untuk transportasi

Bali menyediakan transportasi umum dan tempat menyewa kendaraan. Namun, kendaraan yang paling cocok disewa adalah motor. Selain murah, Anda bisa mengeksplor pulau ini secara lebih cepat dan efisien. Tinggal bawa peta, isi bensin sampai tangki penuh, lalu Anda siap berkeliling pulau!

5. Tanya destinasi-destinasi menarik ke warga lokal

Malu bertanya, sesat di jalan. Hal itu memang berlaku bagi tiap traveler termasuk saat Anda liburan di Pulau Dewata. Masyarakat lokal adalah penunjuk arah sekaligus guide yang paling dipercaya. Maka, jangan sungkan bertanya destinasi-destinasi menarik seputar Pulau Dewata. Siapa tahu Anda menemukan pantai tersembunyi yang cocok untuk menikmati sunset!

6. Mencicipi kuliner khas Bali di restoran lokal


Ini adalah salah satu poin Responsible Traveler. Makan di restoran setempat berarti Anda ikut menyejahterakan masyarakat lokal. Maka dari itu, hal ini tak boleh terlewat saat liburan di Bali. Apalagi pulau ini punya banyak kuliner khas seperti Ayam Betutu dan Sate Lilit. Nyam!

7. Datangi juga tempat wisata yang sepi pengunjung


Saat liburan di Bali, jangan hanya mendatangi tempat wisata yang ramai pengunjung. Kuta, Seminyak, Legian, atau Tanah Lot sudah jadi langganan para traveler. Ada baiknya Anda mengunjungi Ubud, atau pantai-pantai di sekeliling Bali yang masih tersembunyi. Bali punya banyak kejutan lewat pantai-pantai cantik yang tak banyak disambangi turis!

8. Hormati tradisi dan budaya setempat

Poin lain dari Responsible Traveler adalah menghormati tradisi dan budaya setempat. Selain alam, Bali juga terkenal dengan keluhuran budayanya. Berpakaianlah yang sopan saat masuk ke pura. Jangan sembarangan menginjak atau menendang sesajen yang diletakan di jalanan.

Hormati tradisi setempat dan berperilakulah seperti masyarakat lokal. Anda pun akan merasa punya ikatan batin dengan Pulau Dewata.

9. Tahan godaan untuk berbelanja


Penting untuk membawa uang kas dalam jumlah yang pas saat Anda traveling. Namun, "godaan iman" berupa barang dan suvenir murah akan selalu membayangi kemanapun Anda pergi! Coba tahan diri Anda untuk berbelanja banyak barang di satu tempat, karena Bali punya banyak tempat belanja dengan beragam pilihan harga.

10. Belanja oleh-oleh di pasar tradisional


Toko-toko suvenir bertebaran di seantero Pulau Dewata. Selain itu ada pula mal dan pusat-pusat perbelanjaan yang siap menampung hasrat para traveler untuk berbelanja. Namun, tempat paling cocok untuk berbelanja adalah di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Seni Sukowati dan Pasar Kintamani. Anda bisa belanja barang berkualitas dengan harga murah!

Penulis : RG-UG112 ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 10 Tips Liburan Seru di Pulau Dewata ini dipublish oleh RG-UG112 pada hari Kamis, 21 Juni 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 10 Tips Liburan Seru di Pulau Dewata
 

0 komentar: